Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Temescalalleys – Setelah Samsung Galaxy A12 dirilis ke publik pada Desember 2020 lalu, Samsung dikabarkan akan meluncurkan perangkat baru bernama Samsung Galaxy M12. Meski kedua ponsel ini diikuti dengan akhiran 12, keduanya termasuk dalam seri yang berbeda, yakni seri A dan seri M.

Baik Samsung Galaxy A12 maupun Samsung Galaxy M12 memiliki kesamaan dalam hal fotografi, keduanya dilengkapi dengan empat lensa kamera belakang yang diatur ke 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP dan lensa depan yang duduk di dalamnya. . layar 8MP.

Kedua ponsel Samsung ini juga memiliki layar sentuh kapasitif PLS ​​TFT LCD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 sama-sama dibalut kaca untuk bagian depan dan plastik untuk rangka dan casing.

Kemiripan kedua perangkat pintar ini terlihat pada sumber daya baterainya. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 keduanya memiliki baterai 5000mAh bawaan. Berkat baterainya yang besar, perangkat bisa hidup seharian sekitar 20 jam untuk menjelajah internet dengan jaringan LTE.

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Setelah melihat spesifikasi kedua ponsel Samsung di atas, tentunya Anda mulai melihat perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12. Yang menonjol adalah perbedaan kapasitas baterai, untuk perbedaan lainnya berikut penjelasannya:

1. Perbedaan berat yang besar

Tampilan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A12 serupa, mulai dari letak kamera depan dan belakang hingga material yang digunakan untuk menutupi perangkat.

Namun dari segi dimensi bodi, terdapat sedikit perbedaan antara kedua perangkat, yakni berukuran 164 x 75,8 x 8,9mm, yang membuat Samsung Galaxy A12 sedikit lebih kecil dari Samsung Galaxy M12 yang dimilikinya. mm.

Selain itu, perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 pada tampilan bodi terasa pada bobotnya. Terlahir dengan bobot 221 gram membuat Samsung Galaxy M12 lebih berat dibandingkan Samsung Galaxy A12 yang memiliki bobot bodi 205 gram, artinya Samsung Galaxy A12 jauh lebih ringan 16 gram saat digenggam.

2. “Ruang” dalam kerapatan piksel layar

Seperti yang Anda lihat dari daftar spesifikasi di atas, Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 memiliki layar tipe PLS IPS. Salah satu cara untuk membedakan kedua perangkat ini adalah dengan melihat ukuran layarnya hingga bodinya dan ketajaman layarnya.

Ukuran layar bodi Samsung Galaxy A12 sekitar 85,8% lebih besar dari Samsung Galaxy M12 yang didesain sekitar 81,9%, artinya pengguna Samsung Galaxy A12 dapat menjelajahi layar dengan lebih leluasa.

Sedangkan untuk ketajaman layar jaraknya tidak terlalu jauh, hanya ~4 drift density. Di sini Samsung Galaxy M12 unggul dengan kerapatan piksel ~270 ppi, kualitas gambar yang dihadirkan layar lebih tajam. Sedangkan Samsung Galaxy A12 hanya memiliki ketajaman layar ~264 ppi, kualitas gambar yang dihasilkan layar mungkin tidak sebaik Samsung Galaxy M12.

3. Pertempuran antar prosesor

Dalam hal ini, perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 terlihat jelas, karena keduanya memiliki “kuda” yang berbeda. Samsung Galaxy A12 berjalan pada sistem operasi Android 10 dengan catu daya Helio P35 dari Mediatek.

Sedangkan Samsung Galaxy M12 mendapat pemasukan dari Samsung sendiri yaitu Exynos 850 dengan sistem operasi yang diperbarui ke versi Android 11 dan kompatibel dengan antarmuka One UI 3.0, menampilkan layar yang sederhana dan dapat menambahkan widget cukup tahan tombol ikon aplikasi dan kemudian pilih widget yang disukai.

Di sisi CPU sendiri, Samsung Galaxy A12 dibekali empat inti octa berukuran 2,35 GHz dan empat 1,8 GHz, sedangkan Samsung Galaxy M12 dijejali Octa-core berukuran 2,0 GHz dengan empat inti, dan quad-core 2,0 GHz.

Pada unit pengolah grafis, Samsung Galaxy A12 berada di bawah PowerVR GE8320 dan untuk Samsung Galaxy M12 berada di bawah Mali-G52. Secara keseluruhan, setelah melihat spesifikasi dari sisi hardware, performa Samsung Galaxy M12 lebih cepat dari performa yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A12.

4. Konektivitas, harga dan warna

Adapun perbedaan lain yang harus Anda ketahui, jika Anda berencana untuk memiliki perangkat Samsung ini. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa melihat perbedaan konektivitas, ruang penyimpanan dan RAM, spesifikasi sensor, warna, dan harga.

Jika Anda mencari kemudahan dalam proses transaksi, Samsung Galaxy A12 bisa menjadi jawabannya karena mendukung teknologi NFC (Near Field Communication). Fitur ini mendukung aplikasi pembayaran digital contactless dan contactless. Sayangnya, fungsi NFC juga tidak terintegrasi di Samsung Galaxy M12.

Dalam fungsi radio, Samsung Galaxy A12 menyediakan layanan radio FM yang kompatibel dengan RDS (Radio Data System), memungkinkan stasiun FM mengirim lebih dari sekadar sinyal audio analog melalui gelombang radio. Pengguna juga dapat merekam saluran radio yang sedang diputar. Sayangnya, fungsi Radio tidak terdapat pada Samsung Galaxy M12.

Ketika datang ke RAM dan ruang penyimpanan yang sebenarnya, kedua ponsel ini menawarkan berbagai jenis kombinasi. Namun kombinasi yang ditawarkan Samsung Galaxy A12 lebih banyak dibandingkan Samsung Galaxy M12. Ya dijelaskan, Samsung Galaxy A12 memiliki empat varian mulai dari 32/3 GB, 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB.Sedangkan Samsung Galaxy M12 menawarkan kombinasi 32/3 GB yang lebih sedikit, 64/4GB. dan 128/6GB.

Di sisi sensor, sejujurnya Samsung Galaxy A12 sempurna dengan memiliki sensor sidik jari di sisi sasis dan sensor akselerometer yang mampu mengukur kecepatan suatu objek. Sayangnya, tidak dilengkapi dengan sensor jarak seperti Samsung Galaxy M12, yang berguna sebagai pelindung layar sentuh dari kontak yang tidak disengaja.

Dari sisi gaya, Samsung Galaxy A12 tersedia dalam banyak pilihan warna mulai dari hitam, putih, biru, dan merah. Sedangkan Samsung Galaxy M12 hanya menawarkan varian warna abu-abu, hijau dan biru.

Hal terakhir yang kamu tunggu adalah perbedaan harga, bagi kamu yang tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A12 kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp 2,4 juta. Untuk Samsung Galaxy M12, karena belum diluncurkan di pasaran, belum diketahui pasti berapa harga yang ditawarkan. Namun, seperti diberitakan 91 Mobiles, Samsung Galaxy M12 diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp 2 juta.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru

Sejarah Windows

Sejarah Windows

Sejarah Windows – Windows? Apa itu? Tahukah anda bahwa windows yang anda gunakan sekarang telah berumur 37 tahun di tahun ini. Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Lalu siapakah Microsoft ini? Mari kita membahas si pencipta windows ini sebentar.

Sejarah Windows Yang Harus Diketahui

Microsoft Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Nah mari kita bahas sejarah windows sekarang!

1. Windows 1.0 (1985)

Diawali dengan windows 1.0, windows ini merupakan versi pertama dan merupakan moyang dari sejarah windows berikutnya. Windows 1.0 dirilis pada 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MSDOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

2. Windows 2.0 (1987)

Windows 2.0 merupakan sejarah windows yang kedua setelah windows 1.0. Windows versi 2 dirilis pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit populer dibandingkan dengan Windows 1.0 karena adanya aplikasi grafis buatan Microsoft yaitu Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Pada versi ini, penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan sehingga Windows 2.0 mampu menampilkan resolusi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Program aplikasi tambahan yang disertakan adalah Microsoft Excel dan Microsoft Word. Selain itu, program aplikasi yang mulai dapat diinstal pada sistem operasi ini adalah Corel Draw dan Pagemarker.

3. Windows 3.0 dan 3.1 (1990 dan 1992)

Pada tahun ini windows dapat termasuk sejarah windows yang meraih kesuksesan yang cukup signifikan ketika merilis windows ini. Pertama windows 3.0, diluncurkan pada tahun 1990. Dapat meningkatkan performan advanced graphic dengan dukungan 16-colorsnya dan juga meningkatkan kemampuan terhadap aplikasi windows. Pada versi ini, windows 3.1 mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak atau multitasking. Windows 3.0 dapat berjalan dalam tiga modus, yaitu modus real, standar, dan 386 Enchanced, dan kompatibel dengan processor dari seri Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi windows mana yang akan digunakan, walaupun pengguna bisa memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saat menjalankannya. Kemudian versi updatenya, windows 3.1, windows 3.1 ini diluncurkan pada tahun 1992. Windows 3.1 ini dilengkapi dengan font true type yang dikembangkan bersama Apple. , dan juga terdapat banyak sekali perbaikan bug dan dukungan terhadap muultimedia. Versi 3.1 juga menghilangkan dukungan untuk modus real, sehingga hanya berjalan pada modus terproteksi yang hanya dimiliki oleh Processor Intek 80286 atau yang lebih tinggi lagi. Hal ini membuat Windows pertama kalinya menyediakan sebuah desktop publishing platform yang fungsional.

4. Windows for Workgroups (1992)

Berikutnya adalah windows for workgroups, windows ini merupakan sejarah windows tersingkat. windows of workgroups ini dirilis pada bulan oktober tahun 1992. Sebenarnya pembuatan ide windows ini sudah dimunculkan pada windows 3.1, namun pengembangan lebih lanjut terdapat di versi 3.1.1, versi tersebut dirilis sebulan setelahnya nyaitu pada bulan desember 1992. Pada versi 3.1.1 merupakan cikal bakal perilisan system operasi berbasis jaringan (network).

5. Windows NT (1993)

Berikutnya adalah windows NT, windows NT diluncurkan pada 27 juli 1993. Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0, di mana dalam pengembangan sistem operasi tersebut Microsoft dan IBM melakukan pengembangan secara bersama-sama. Beberapa saat sebelum sistem operasi tersebut rampung, Microsoft dan IBM mengakhiri hubungan mereka, dan akhirnya proyek IBM OS/2 pun terbengkalai. Hal ini diakibatkan oleh kesuksesan sistem operasi grafis yang berjalan di atas MS-DOS, Microsoft Windows versi 3.0, yang terjual lebih dari sejuta salinan dalam waktu kurang dari sebulan. Sistem operasi IBM OS/2 versi 3.0 ini memiliki nama kode NTOS/2. Dan akhirnya, Microsoft mengembangkan Windows NT sendirian, tanpa dibantu oleh IBM. Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC). DEC sendiri kemudian dibeli oleh Compaq, yang sekarang bagian dari Hewlett-Packard. Microsoft merekrut Cutler pada tahun 1988 untuk membuat sebuah versi OS/2 yang bersifat portabel, tapi akhirnya Cutler malahan membuat sistem operasi baru.

6. Windows XP (2001)

Berikutnya adalah Windows XP, Windows XP membawa hawa segar bagi dunia komputer. Peningkatan dari Windows 2000, Windows XP membawa reliabilitas tinggi, keamanan, dan performa. Dengan tampilan yang segar, Windows XP memiliki fitur untuk bisnis dan juga home computing., termasuk remote desktop connection, file system yang dapat di-enkrip, System Restore dan juga advanced networking. Untuk pengguna Mobile, terdapat dukungan wireless 802.1x network, Windows Messenger, dan Remote Assistance. Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP, yang memiliki nama kode “whistler” selama pengembangan. Windows XP merupakan sejarah windows yang paling lama dibuat, karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007.

7. Windows Vista (2007)

Setelah meraih kesuksesan besar dengan Windows XP, Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 untuk kalangan bisnis dan untuk pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Fitur-fitur pada Windows Vista perubahannya boleh dikatakan radikal, terutama pada bagian user interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh Microsoft, sehingga Microsoft mengklaim versi terbarunya ini lebih stabil, aman, dan memanjakan pengguna komputer, walaupun menurut banyak orang hal-hal tersebut sudah ada pada Windows XP. Windows Vista memiliki banyak perbedaan yang mendasar, khususnya pada bagian arsitektur dasar Sistem Operasi. Windows vista merupakan salah satunya sejarah windows yang sukses terjual dalam banyak edisi nyaitu :

  • Windows Vista Starter
  • Windows Vista Home Basic
  • Windows Vista Home Premium
  • Windows Vista Business
  • Windows Vista Enterprise
  • Windows Vista Ultimate

8. Windows 7 (2009)

Berikutnya adalah windows 7, windows 7 luncurkan pada tanggal 22 oktober 2009. dengan keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya lebih murah dari Windows Vista. Microsoft membuat Windows 7 lebih handal daripada Windows Vista. Selain itu, tingkat responsifitas Windows 7 juga lebih ditingkatkan, serta membuat proses booting dan shutdown lebih cepat lagi. Pengguna komputer diharapkan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sehari-hari, membuat koneksi dan sikronisasi antarperangkat lebih mudah, dan menjelajah dunia internet lebih memuaskan.

9. Windows 8 (2013)

Berikutnya adalah windows 8, sejarah windows 8 sebenarnya sudah mulai dikembangkan pada tahun 2009, yaitu sebelum Windows 7 dirilis. Tanggal 13 September 2011, build 8102 (Windows 8 Developer Preview) dirilis ke publik. Build ini terbuka penuh untuk pertama kalinya dan dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro dan sejumlah sampel aplikasi buatan para karyawan magang di Microsoft. Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya. Untuk pertama kalinya sejak Windows 95, tombol Start tidak lagi muncul di taskbar, meski layar Start-nya masih harus dibuka dengan mengklik sudut kiri bawah layar dan tombol Start di kotak Charm. Pada tanggal 27 Agustus 2013, Windows 8.1 (build 9600) dirilis dengan nomor build 6.3.9600.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 17 Oktober 2013 dan meluncurkan Windows 8.1 untuk publik keesokan harinya. Dalam peluncuran windows 8 sebenarnya cukup sukses dan terkenal hingga banyak diberitakan dalam beberapa siaran nasional.

10. Windows 10 (2015)

Berikutnya adalah windows 10, windows ini merupakan sejarah windows terakhir seperti yang dibahas juga oleh Sudutpc. Dan merupakan salah satunya yang anda pakai saat ini. Windows 10 dirilis pada tanggal 29 juli 2015 dengan nomor build 10.0.10240. dan Versi ini menggunakan versi terbaru dari DirectX 12. Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk kebangkitan menu Start yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

4 Kamera Mirrorless Yang Cocok Untuk Pemula

Kamera Mirrorless Yang Cocok Untuk Pemula

Temescalalleys – Kamera mirrorless pertama diluncurkan pada tahun 2004. Produk kamera mirrorless pertama kali diluncurkan oleh Epson dengan nama Epson Leica M8, setelah itu kamera mirrorless semakin berkembang dan muncul fitur Micro Four Thirds yang dikeluarkan oleh Panasonic Lumix DMC G1 di Jepang.

Pada saat ini sudah banyak brand kamera yang mengeluarkan jenis mirrorless, seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, Panasonic, dan Samsung. Berikut ini adalah daftar kamera mirrorless yang cocok untuk pemula.

Kamera Mirrorless Yang Cocok Untuk Pemula

1. Samsung NX3000

Selain meluncurkan produk smartphone, tv, dan laptop, Samsung juga meluncurkan kamera mirrorless, yaitu Samsung NX3000. Kamera ini cocok untuk kamu yang masih pemula di dunia fotografer. Selain harganya yang murah, kamera Samsung NX3000 ini memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup lengkap.

Kamera mirrorless Samsung NX3000 memiliki resolusi 20,3 MP, menggunakan sensor APS C CMOS, dan dilengkapi LCD yang bisa dilipat ke satu arah. Gambar yang dihasilkan Samsung NX3000 ini tetap tajam dikondisi cahaya terang dan remang remang, selain itu juga bisa merekam gambar dengan kecepatan 5 fps dengan shutter speed 1/4.000 detik.

Untuk merekam video, Samsung NX3000 bisa merekam dengan resolusi Full HD 1080 di 30 fps. Kamera ini juga bisa di remote menggunakan smartphone dengan bantuan aplikasi Remote Viewfinder Pro. Harga Samsung NX3000 adalah Rp. 3,5 sampai 8,9 jutaan.

2. Fujifilm X A2

Fujifilm X A2 merupakan pengembangan dari kamera versi sebelumnya, Fujifilm X A1. Kamera ini memiliki desain yang cantik karena bodynya ramping dan ringan. Kamera ini mempunyai resolusi 16,3 MP dengan fitur autofokus, eye detection AF, dan menggunakan sensor APS C CMOS, prosesor EXR, dan layar LCD.

Sehingga kemampuan mencari fokusnya cepat dan dapat menghasilkan foto yang jernih dengan noise yang rendah walaupun menggunakan ISO 3200 yang tinggi. Kamu bisa memindahkan hasil foto ke smartphone kamu menggunakan Wifi yang sudah terdapat di Fujifilm X A2. Harga Fujifilm X A2 adalah Rp. 5,6 – 11,9 jutaan.

3. Sony Alpha A6000

Kamera mirrosless ini cocok sekali untuk pemula karena memiliki ukuran yang cukup kecil dan mudah dibawa kemana mana, dan juga bisa menghasilkan foto dengan resolusi 24,3 MP dengan prosesor Bionz X dan sensor APS C sized Exmor APS HD CMOS yang dapat menghasilkan foto yang jernih.

Untuk merekam video, kamera ini bisa merekam dengan kualitas Full HD 1080p dengan 60 fps. Kamu bisa memindahkan hasil foto dan video dari kamera menggunakan slot HDMI type D yang sudah tersedia. Harga Sony Alpha A6000 sekitar Rp. 8,6 jutaan.

4. Canon EOS M10

Kamera mirrorless yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah Canon EOS M10. Kamera ini mempunyai resolusi 18 MP dengan sensor APS C CMOS, prosesor DIGIC 6, fitur Canons Hybrid CMOS AF II autofocus system, dan dilengkapi layar LCD touchscreen yang bisa dilipat. Sehingga gambar yang dihasilkan tajam dan tetap jernih walaupun berada di tempat yang kurang cahaya. ISO kamera ini 100 sampai 12800.

Desain dari Canon EOS M10 sangat mirip dengan camera pocket, karena kecil dan ringkas untuk dibawa keluar. Kamera ini memiliki autofokus yang cepat, dan untuk memindahkan file bisa menggunakan koneksi Wifi dengan bantuan Near Field Communication. Harga Canon EOS M10 adalah Rp. 5,9 jutaan.