Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Temescalalleys – Setelah Samsung Galaxy A12 dirilis ke publik pada Desember 2020 lalu, Samsung dikabarkan akan meluncurkan perangkat baru bernama Samsung Galaxy M12. Meski kedua ponsel ini diikuti dengan akhiran 12, keduanya termasuk dalam seri yang berbeda, yakni seri A dan seri M.

Baik Samsung Galaxy A12 maupun Samsung Galaxy M12 memiliki kesamaan dalam hal fotografi, keduanya dilengkapi dengan empat lensa kamera belakang yang diatur ke 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP dan lensa depan yang duduk di dalamnya. . layar 8MP.

Kedua ponsel Samsung ini juga memiliki layar sentuh kapasitif PLS ​​TFT LCD 6,5 inci dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 sama-sama dibalut kaca untuk bagian depan dan plastik untuk rangka dan casing.

Kemiripan kedua perangkat pintar ini terlihat pada sumber daya baterainya. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 keduanya memiliki baterai 5000mAh bawaan. Berkat baterainya yang besar, perangkat bisa hidup seharian sekitar 20 jam untuk menjelajah internet dengan jaringan LTE.

Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12

Setelah melihat spesifikasi kedua ponsel Samsung di atas, tentunya Anda mulai melihat perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12. Yang menonjol adalah perbedaan kapasitas baterai, untuk perbedaan lainnya berikut penjelasannya:

1. Perbedaan berat yang besar

Tampilan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A12 serupa, mulai dari letak kamera depan dan belakang hingga material yang digunakan untuk menutupi perangkat.

Namun dari segi dimensi bodi, terdapat sedikit perbedaan antara kedua perangkat, yakni berukuran 164 x 75,8 x 8,9mm, yang membuat Samsung Galaxy A12 sedikit lebih kecil dari Samsung Galaxy M12 yang dimilikinya. mm.

Selain itu, perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 pada tampilan bodi terasa pada bobotnya. Terlahir dengan bobot 221 gram membuat Samsung Galaxy M12 lebih berat dibandingkan Samsung Galaxy A12 yang memiliki bobot bodi 205 gram, artinya Samsung Galaxy A12 jauh lebih ringan 16 gram saat digenggam.

2. “Ruang” dalam kerapatan piksel layar

Seperti yang Anda lihat dari daftar spesifikasi di atas, Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 memiliki layar tipe PLS IPS. Salah satu cara untuk membedakan kedua perangkat ini adalah dengan melihat ukuran layarnya hingga bodinya dan ketajaman layarnya.

Ukuran layar bodi Samsung Galaxy A12 sekitar 85,8% lebih besar dari Samsung Galaxy M12 yang didesain sekitar 81,9%, artinya pengguna Samsung Galaxy A12 dapat menjelajahi layar dengan lebih leluasa.

Sedangkan untuk ketajaman layar jaraknya tidak terlalu jauh, hanya ~4 drift density. Di sini Samsung Galaxy M12 unggul dengan kerapatan piksel ~270 ppi, kualitas gambar yang dihadirkan layar lebih tajam. Sedangkan Samsung Galaxy A12 hanya memiliki ketajaman layar ~264 ppi, kualitas gambar yang dihasilkan layar mungkin tidak sebaik Samsung Galaxy M12.

3. Pertempuran antar prosesor

Dalam hal ini, perbedaan antara Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 terlihat jelas, karena keduanya memiliki “kuda” yang berbeda. Samsung Galaxy A12 berjalan pada sistem operasi Android 10 dengan catu daya Helio P35 dari Mediatek.

Sedangkan Samsung Galaxy M12 mendapat pemasukan dari Samsung sendiri yaitu Exynos 850 dengan sistem operasi yang diperbarui ke versi Android 11 dan kompatibel dengan antarmuka One UI 3.0, menampilkan layar yang sederhana dan dapat menambahkan widget cukup tahan tombol ikon aplikasi dan kemudian pilih widget yang disukai.

Di sisi CPU sendiri, Samsung Galaxy A12 dibekali empat inti octa berukuran 2,35 GHz dan empat 1,8 GHz, sedangkan Samsung Galaxy M12 dijejali Octa-core berukuran 2,0 GHz dengan empat inti, dan quad-core 2,0 GHz.

Pada unit pengolah grafis, Samsung Galaxy A12 berada di bawah PowerVR GE8320 dan untuk Samsung Galaxy M12 berada di bawah Mali-G52. Secara keseluruhan, setelah melihat spesifikasi dari sisi hardware, performa Samsung Galaxy M12 lebih cepat dari performa yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A12.

4. Konektivitas, harga dan warna

Adapun perbedaan lain yang harus Anda ketahui, jika Anda berencana untuk memiliki perangkat Samsung ini. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa melihat perbedaan konektivitas, ruang penyimpanan dan RAM, spesifikasi sensor, warna, dan harga.

Jika Anda mencari kemudahan dalam proses transaksi, Samsung Galaxy A12 bisa menjadi jawabannya karena mendukung teknologi NFC (Near Field Communication). Fitur ini mendukung aplikasi pembayaran digital contactless dan contactless. Sayangnya, fungsi NFC juga tidak terintegrasi di Samsung Galaxy M12.

Dalam fungsi radio, Samsung Galaxy A12 menyediakan layanan radio FM yang kompatibel dengan RDS (Radio Data System), memungkinkan stasiun FM mengirim lebih dari sekadar sinyal audio analog melalui gelombang radio. Pengguna juga dapat merekam saluran radio yang sedang diputar. Sayangnya, fungsi Radio tidak terdapat pada Samsung Galaxy M12.

Ketika datang ke RAM dan ruang penyimpanan yang sebenarnya, kedua ponsel ini menawarkan berbagai jenis kombinasi. Namun kombinasi yang ditawarkan Samsung Galaxy A12 lebih banyak dibandingkan Samsung Galaxy M12. Ya dijelaskan, Samsung Galaxy A12 memiliki empat varian mulai dari 32/3 GB, 64/4 GB, 128/4 GB, dan 128/6 GB.Sedangkan Samsung Galaxy M12 menawarkan kombinasi 32/3 GB yang lebih sedikit, 64/4GB. dan 128/6GB.

Di sisi sensor, sejujurnya Samsung Galaxy A12 sempurna dengan memiliki sensor sidik jari di sisi sasis dan sensor akselerometer yang mampu mengukur kecepatan suatu objek. Sayangnya, tidak dilengkapi dengan sensor jarak seperti Samsung Galaxy M12, yang berguna sebagai pelindung layar sentuh dari kontak yang tidak disengaja.

Dari sisi gaya, Samsung Galaxy A12 tersedia dalam banyak pilihan warna mulai dari hitam, putih, biru, dan merah. Sedangkan Samsung Galaxy M12 hanya menawarkan varian warna abu-abu, hijau dan biru.

Hal terakhir yang kamu tunggu adalah perbedaan harga, bagi kamu yang tertarik untuk membeli Samsung Galaxy A12 kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp 2,4 juta. Untuk Samsung Galaxy M12, karena belum diluncurkan di pasaran, belum diketahui pasti berapa harga yang ditawarkan. Namun, seperti diberitakan 91 Mobiles, Samsung Galaxy M12 diperkirakan akan dibanderol dengan harga Rp 2 juta.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru