Makanan Penambah Darah

Temescalalleys –┬áKekurangan sel darah merah sangatlah mengganggu dan menyebabkan ketidaknyaman pada tubuh Anda. Sel darah merah diproduksi pada sumsum tulang belakang yang diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan sel darah merah akan membuat tubuh mudah lelah dan juga letih sehingga Anda akan merasa sangat lemas dan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Hal ini dikarenakan karena kurangnya produksi sel darah merah, sehingga penyaluran oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh akan terganggu. kekurangan sel darah merah dalam bahasa kesehatannya adalah Anemia. Beberapa gejala yang menjadi penanda seseorang yang terserang anemia adalah kulit wajah dan badan tampak pucat, merasakan sakit kepala yang luar biasa, tangan dan juga kaki terasa dingin, dan gejala terakhir adalah sesak napas

Tentunya gejala-gejala tersebtut sangatlah tidak enak. Untuk faktor penyebab penyakit ini yakni, riwayat keluarga, wanita hamil, perempuan yang sedang menstruasi, penyakit gangguan usus, penderita penyakit kronis, dan juga usia lanjut sebab telah kekurangan zat besi, asam folat, dan juga vitamin b12.

Umtuk mengatasi kurang darah ini Anda bisa mengonsumsi makanan penambah darah yang mudah untuk ditemukan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda coba untuk konsumsi.

Makanan yang Tinggi Zat Besi

Makanan yang mengandung zat besi tinggi ini dapat meningkatkan jumlah produksi sel darah merah yang ada du dalam tubuh serta dapat membantu memproduksi homoglobin yang dibutuhkan oleh sel darah merah. Beberapa makanan yang dapat menjadi alternatif meningkatkan sel darah merah akibat tinggi zat besi adalah daging merah hewan seperti sapi, daging jeroan, sayur berdaun hijau seperti bayam ataupun kangkung.

Tidak hanya itu Anda juga bisa mengonsumsi kuning telur, kacang polong dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Makanan Tinggi Asam Folat

Mengonsumsi makanan penambah darah seperti makanan tinggi asam folat (B9) dapat bermanfaat untuk melawan anemia, beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi adaah roti yang tinggi nutrisi, sereal, sayuran hijau seperti bayam, kacang polong dan jenis kacang-kacangan yang lainnya yang juga tinggi asam folat.

Baca juga: Makanan terenak di dunia

Makanan dengan Kandungan Vitamin B12

Vitamin B12 sangatlah diperlukan untuk meningkatkan fungsi dari sumsung tulang belakang agar menghasilkan lebih banyak sel darah merah normal. Kekurangan vitamin B12 saja dapat menyebabkan sel darah merah berbentuk abnormal sehingga sel darah merah tersebut lebih cenderung cepat mati. Oleh karenanya vitamin B12 memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang normal.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi agar meningkatkan produksi sel darah merah dengan kualitas normal sehingga dapat hidup sesuai waktunya. Makanan yang dapat Anda produksi pertama adalah daging merah sapi, ikan, makanan yang terbuat dari susu seperti minuman susu ataupun keju, telur juga memiliki kandungan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Vitamin yang Tinggi B6

Hampir sama dengan vitamin B12, vitamin B6 juga sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit anemia. Untuk kadar B6 yang dibutuhkan tubuh juga berbeda antara perempuan dan laki-laki.Untuk perempuan dewasa membutuhkan sebanyak 1,5 mg vitamin B6 setiap harinya, sedangkan untuk laki-laki dewasa membutuhkan 1,7 mg per harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka Anda bisa mengonsumsi makanan seperti gandum, sereal yang kaya dengan nutrisi, daging-dagingan seperti sapi, kambing maupun domba, daging ayam, dan juga nasi.

Itulah beberapa makanan penambah darah yang bisa Anda konsumsi ketika Anda merasa bahwa Anda sedang terserang anemia atau kekurangan sel darah merah.